Cara Menjaga Lingkungan yang Baik dan Benar

Teramala.id-Alam memberi manusia banyak hal yang indah dan bermanfaat. Dari pemandangan yang indah, makanan dan tempat tinggal, hingga menjaga keseimbangan halus yang diperlukan untuk menopang kehidupan di planet ini. Alam bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa kehidupan dapat eksis (dan hidup berdampingan) di gurun terkering, dan hutan hujan paling rimbun. Seiring kemajuan industri dan jejak manusia yang kian menyebar, tantangan keseimbangan ini semakin meningkat. Perbanyak Menanam Pohon

Irwan berpendapat bahwa “pertumbuhan penduduk adalah salah satu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan. Segala macam aktifitas yang dilakukan manusia pada akhirnya akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Salah satu masalah lingkungan yang akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan adalah masalah sampah”

“menurut saya kebersihan lingkungan sangat penting, jika ada kegiatan warga  dilingkungan yang tidak bersih dan bahkan menimbulkan bau tidak sedap, seperti ada suatu rumah yang berdampingan dengan kandang sapi dan lainnya, maka kegiatan akan terhambat karena akan mengganggu berjalannya suatu acara atau kegiatan dan akan mempengaruhi kenyamanan kita nantinya.” Ujar Kepala desa dari salah satu daerah.

Contoh cara menjaga lingkungan yang pertama dengan memperbanyak menanam pohon. Pohon adalah sumber oksigen terbesar yang menghilangkan karbon dioksida dan menyediakan udara segar dan murni untuk bernapas.

  1. Perbanyak Menanam Pohon

Pohon-pohon membantu mengurangi tingkat ozon di lingkungan, mengurangi polusi suara, dan menawarkan berbagai buah dan bunga yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Anda juga dapat menempatkan tanaman dalam ruangan di rumah Anda untuk mengurangi tingkat polusi udara seperti benzena dan nitrogen dioksida dan menjaga suhu udara tetap rendah.

2. Menghemat Pemakaian Listrik

Contoh cara menjaga lingkungan yang kedua dengan mempraktikkan penghematan dalam penggunaan listrik. Ingatlah selalu untuk matikan lampu, kipas angin, atau AC saat Anda keluar ruangan atau tidak membutuhkannya.

3. Hemat Air

Contoh cara menjaga lingkungan yang ketiga adalah menghemat penggunaan air. Air adalah sumber daya alam dan persediaannya terbatas. Oleh karena itu, untuk melestarikan lingkungan dan meminimalkan dampak kekeringan, perlu dilakukan konservasi air. Mandilah sebentar saja dan jangan terlalu menghambur-hamburkan air. Jangan biarkan air keran mengalir saat Anda mencuci piring. Jangan buang air terlalu banyak saat menyiram. Dibutuhkan banyak sumber daya untuk mengirimkan air bersih dan segar ke rumah Anda, jadi jangan sia-siakan dan gunakan dengan bijak.

4. Kurangi Penggunaan Kertas

Contoh cara menjaga lingkungan yang keempat adalah mengurangi penggunaan kertas. Di kantor atau di rumah, Anda pasti perlu untuk mencetak beberapa dokumen, tiket, pamflet, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa banyak pohon yang ditebang setiap tahun untuk menghasilkan kertas-kertas tersebut? Jadi dengan menghemat kertas, Anda dapat melakukan kebaikan besar untuk melestarikan lingkungan. Tidak perlu mencetak hal-hal di atas jika memang tidak perlu atau mendesak. Buatlah catatan di ponsel Anda untuk menghemat penggunaan kertas.

5. Hemat Bahan Bakar

Contoh cara menjaga lingkungan yang kelima dengan menghemat penggunaan bahan bakar. Berjalan kaki atau bersepeda untuk pergi bekerja, sekolah, dan tempat lain akan mengurangi konsumsi bahan bakar. Aktivitas ini juga membantu membakar beberapa kalori yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Atau, Anda bisa juga naik angkutan umum.

6. Gunakan Tas Goni

Contoh cara menjaga lingkungan yang keenam dengan menggunakan tas berbahan goni. Hindari menggunakan kantong plastik atau kantong kertas setiap kali Anda berbelanja bahan makanan. Karena, plastik berbahaya bagi lingkungan dan membutuhkan waktu hampir 450 tahun untuk terurai.

7. Kompos

Contoh cara menjaga lingkungan yang ketujuh dengan membuat kompos. Ketika Anda menguraikan bahan organik, mereka menghasilkan metana dan gas rumah kaca lainnya, yang menyerap panas dari matahari dan berkontribusi pada pemanasan bumi.

8. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama pencemaran udara, dan puntung rokok yang sembarangan ke mana-mana sehingga mencemari badan air. Saat merokok di dalam ruangan atau di tempat umum, Anda juga membahayakan kesehatan orang-orang di sekitar Anda. Berhenti merokok memungkinkan Anda hidup lebih lama, hidup lebih sehat dan melindungi lingkungan dari bahan kimia beracun dalam rokok.

9. Daur Ulang

Contoh cara menjaga lingkungan adalah praktik daur ulang. Daur ulang membantu mengurangi polusi dan melestarikan sumber daya alam. Prosesnya sangat sederhana, yang harus Anda lakukan adalah memilih dengan bijak. Beli produk yang dapat terurai ulang atau terbuat dari bahan daur ulang. Di supermarket, pilih produk dengan jumlah kemasan paling sedikit. Kumpulkan barang-barang yang dapat terurai dan buang ke tempat sampah yang tersedia di area tempat tinggal Anda.

10. Tidak menggunakan Kembang Api

Contoh terakhir bagaimana menjaga lingkungan adalah tidak menyalakan kembang api. Kembang api adalah salah satu penyebab utama polusi udara dan suara. Bahan kimia yang terdapat dalam kembang api atau petasan, seperti tembaga, seng, timbal, magnesium, dll., tidak pernah terurai sepenuhnya sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan dan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *