Aktivis Pegiat Lingkungan Bersih-bersih Sungai Metro Malang

Teramala.id- 7 Kelompok Aktivis Lingkungan Hidup dan Kelestarian Budayanya atau KALIKU, melakukan bersih-bersih di Sungai Metro, Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu, (10/6/2023) Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Peduli lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai warga bumi. Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga alam, banyak individu dan kelompok mulai terlibat dalam aksi nyata untuk membersihkan lingkungan, salah satunya adalah aktivis pegiat lingkungan yang berfokus pada bersih-bersih sungai. Sungai-sungai adalah jalur aliran air yang sangat penting bagi ekosistem dan kehidupan manusia, namun sering kali mengalami masalah pencemaran akibat aktivitas manusia.

Pada kegiatan bersih-bersih itu dihadiri Wabup Malang Didik Gatot Subroto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun. Bersih-bersih Sungai Metro ini juga didukung oleh PT PLN (Persero). Wabup Malang Didik Gatot Subroto mengatakan, program bersih-bersih lingkungan ini harus digalakkan. Karena untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam hal ini Sungai Metro.

 https://um.ac.id/wp-content/uploads/2023/05/Peduli-Lingkungan-HMD-Biologi-UM-Inisiasi-Gerakan-Bersih-Sungai-di-JL.-Simpang-Panji-Suroso-2-scaled.jpg

“Tentunya, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang kami mengapresiasi kegiatan ini. Karena masih ada yang peduli terhadap kebersihan dan pelestarian lingkungan,” ujar Didik Gatot Subroto.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini perlu digelorakan kembali semangat kebersihan lingkungan. “Seperti dulu kala, di sekolah diajari untuk memungut sampah dan membuangnya di tempat yang disediakan. Kegiatan semacam ini harus dipertahankan,” kata Didik.

Menurutnya, program bersih-bersih lingkungan harus dilakukan di tingkat sekolah. Hal ini sebagai tujuan untuk menanamkan rasa cintanya lingkungan dan kebersihan sejak dini.

“Bisa melalui ekstrakurikuler yang mengajarkan para siswa untuk mencintai lingkungan. Tentunya hal ini harus didorong,” kata Didik yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini.

Selain itu Kehidupan kita terjalin erat dengan lingkungan di sekitar kita. Sungai, sebagai salah satu sumber daya alam yang penting, memainkan peran vital dalam ekosistem dan juga sebagai sumber air bagi banyak masyarakat. Namun, sayangnya, sungai-sungai kita sering kali tercemar oleh limbah dan sampah, mengancam kehidupan air dan kesehatan manusia. Inilah mengapa penting bagi kita untuk menjadi aktivis pegiat lingkungan dan berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sungai. Dalam konteks bersih-bersih sungai, aktivis pegiat lingkungan memiliki peran yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa peran yang dimainkan oleh mereka:

  1. Mengorganisir dan Mengkoordinasi Kegiatan: Aktivis pegiat lingkungan bertanggung jawab untuk mengorganisir dan mengkoordinasi kegiatan bersih-bersih sungai. Mereka merencanakan tanggal, waktu, dan lokasi kegiatan, serta memastikan partisipasi masyarakat yang maksimal.
  2. Mengedukasi Masyarakat: Aktivis pegiat lingkungan berperan sebagai agen perubahan dan pendidik, mereka menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai. Mereka memberikan informasi tentang dampak negatif dari polusi sungai dan cara-cara untuk mengurangi pencemaran.
  3. Menggerakkan Partisipasi Masyarakat: Aktivis pegiat lingkungan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sungai. Mereka bekerja sama dengan komunitas, sekolah, dan organisasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi aktif dalam upaya menjaga kebersihan sungai.
  4. Menyediakan Peralatan dan Bahan: Aktivis pegiat lingkungan juga bertanggung jawab untuk menyediakan peralatan dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan bersih-bersih sungai. Mereka memastikan bahwa peserta memiliki sarung tangan, ember, kantong sampah, dan alat pembersih lainnya agar dapat bekerja dengan aman dan efektif.
  5. Mengadvokasi Kebijakan Perlindungan Lingkungan: Selain kegiatan langsung di lapangan, aktivis pegiat lingkungan juga berperan sebagai penggerak dalam mengadvokasi kebijakan perlindungan lingkungan. Mereka memperjuangkan perubahan kebijakan yang lebih baik untuk pengelolaan dan pelestarian sungai, serta memperjuangkan penegakan hukum terhadap pelanggaran lingkungan.

Peduli terhadap lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Sebagai aktivis pegiat lingkungan, kegiatan bersih-bersih sungai adalah langkah konkret yang dapat kita ambil untuk menjaga kebersihan sungai dan melindungi ekosistem air. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, kita dapat menginspirasi orang lain, membantu mengubah kesadaran dan perilaku masyarakat, serta memastikan keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang. Mari kita bersatu sebagai aktivis pegiat lingkungan dan bersama-sama menjaga kelestarian sungai serta alam sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *