Apakah Penggunaan Gelas Reuseable Efektif untuk Menjaga Lingkungan?

Teramala.id-Di industri kedai kopi modern saat ini semakin memperhatikan dampak lingkungan dari bisnis mereka dan berusaha untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, termasuk penggunaan gelas reuseable. Penggunaan gelas reuseable di kedai kopi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan bisnis.

foto : ameblo.jp

Gelas reuseable atau gelas yang dapat digunakan berulang kali menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Gelas reuseable juga dinilai lebih terjangkau karena biaya untuk membeli gelas sekali pakai bisa sangat tinggi, sedangkan gelas reusable dapat digunakan berulang kali. Namun, keefektifan penggunaan gelas reuseable dapat bergantung pada cara penggunaannya.

Pertama-tama, gelas reuseable dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan oleh penggunaan gelas sekali pakai. Sebagai contoh, di beberapa kedai kopi, penggunaan gelas sekali pakai ini sudah tidak digunakan lagi. Hal ini membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

Selain itu, penggunaan gelas reuseable dapat membantu mengurangi penggunaan energi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi gelas sekali pakai. Produksi gelas sekali pakai memerlukan bahan-bahan seperti plastik atau kertas, yang membutuhkan banyak energi dan sumber daya untuk diproses. Dan  Penggunaan gelas reuseable dapat membantu mengurangi penggunaan bahan-bahan ini, sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan dari produksi gelas sekali pakai.

Dengan adanya penerapan gelas reuseable di kedai-kedai kopi akan memberikan dampak positif pada lingkungan dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam hal pengurangan limbah plastik. Oleh karena itu, penggunaan gelas reusable perlu terus ditingkatkan agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar pada lingkungan

Namun, keefektifan penggunaan gelas reuseable dapat bergantung pada cara penggunaannya. Penggunaan gelas reuseable harus dilakukan dengan benar dan dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan.

  • Bersihkan dengan benar – Harus dicuci dengan air panas dan jangan gunakan deterjen yang keras karena dapat merusak permukaan gelas.
  • Simpan gelas reusable di tempat yang bersih dan kering agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman.
  • Selalu bawa gelas reusable ke mana saja, sehingga dapat menghindari menggunakan gelas plastik sekali pakai.

Dengan melakukan sedikit perubahan dalam kebiasaan sehari-hari, kita dapat mempengaruhi perubahan besar dalam lingkungan.

Penulis : Revaldy Haidar Rokhman

Editor : Admin Teramala.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *