Belajar Melestarikan Lingkungan dari Kampung 3G Glintung Go Green)

Teramala.id-Lingkungan sekitar adalah warisan berharga yang perlu kita jaga dan rawat dengan penuh perhatian. Keberlanjutan planet ini dan kesejahteraan manusia tergantung pada bagaimana kita merawat lingkungan kita. Setiap unsur di dalam ekosistem saling terkait satu sama lain. Mengganggu atau merusak satu bagian dari ekosistem dapat memiliki efek domino yang merugikan bagi seluruh sistem. Dengan merawat lingkungan sekitar, kita dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mempertahankan keanekaragaman hayati, dan melindungi spesies yang rentan.

Merawat lingkungan sekitar memberikan manfaat langsung bagi kualitas hidup kita sendiri. Udara bersih, air bersih, dan lingkungan alami yang terjaga membawa manfaat kesehatan yang signifikan. Masyarakat yang hidup di lingkungan yang sehat memiliki tingkat stres yang lebih rendah, kesehatan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih harmonis. ita memiliki tanggung jawab moral dan etis untuk mewariskan lingkungan yang berkelanjutan kepada generasi mendatang. Dengan merawat lingkungan sekitar kita, kita menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak cucu kita. Kita memberi mereka kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan mengeksplorasi keanekaragaman yang diberikan oleh bumi ini.

Sebelum tahun 2012, kampung yang terletak di salah satu kawasan industri kota Malang ini terkenal kumuh. Bila musim hujan tiba, banyak rumah di kampung Glintung yang terendam air. Namun saat ini, Kampung Glintung Go Green merupakan  sebuah desa yang fokus pada gaya hidup berkelanjutan dan mempromosikan praktik-praktik yang ramah lingkungan yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan.

Penduduk Kampung 3G juga terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan gaya hidup hijau. Mereka memberikan prioritas pada pengelolaan limbah dengan mengimplementasikan program daur ulang dan mendorong pengomposan. Mereka juga mempromosikan teknik pertanian organik dan kebun, meminimalkan penggunaan bahan kimia berbahaya dan pestisida. Bahkan setiap rumah warga dihiasi berbagai jenis tanaman.

Konservasi energi adalah aspek penting lainnya dalam upaya ramah lingkungan mereka. Dengan  mendorong penggunaan sumber energi terbarukan seperti panel surya dan mempromosikan praktik hemat energi seperti menggunakan lampu LED dan mematikan peralatan listrik ketika tidak digunakan. Selain itu, Kampung 3G juga menerapkan beberapa metode seperti vertikal garden, hidroponik, bank sampah, pembuatan minuman herbal, hingga konsep pengembangan yang paling populer, bank water.

sumber : sinartani.co.id

Bambang Irianto ialah pencetus Kampung Glintung Go Green. Tahun 2012, saat ia di pilih sebagai Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro. Itu awalnya, menjadi salah satu pembina lingkungan tingkat nasional.

“ Saya tidak bisa menjelaskan detail tentang teori dan konsep Go Green ke warga. Tapi warga saya ajak praktek langsung. Saat praktek itulah, saya jelaskan apa Go Green itu. Apa tujuannya dan sebagainya. Ternyata warga sudah memahami bahwa Go Green bukan hanya sekedar tanam menanam,” Ujarnya.

Kampung Glintung Go Green juga fokus pada pendidikan dan keterlibatan masyarakat. Mereka mengadakan lokakarya, seminar, dan acara-acara lainnya untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan dan pentingnya gaya hidup berkelanjutan. Mereka secara aktif melibatkan penduduk setempat dan bekerja sama untuk menciptakan masyarakat yang lebih hijau dan berkelanjutan. Saat ini kampung Glintung juga menjadi salah satu ecowisata yang berada di Kota Malang.

Kampung Glintung Go Green merupakan contoh nyata komunitas yang berkomitmen untuk membangun gaya hidup berkelanjutan dan menjaga lingkungan sekitar. Dengan mengedepankan kesadaran, kolaborasi, dan tindakan nyata, kampung ini berusaha menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi kehidupan sehari-hari. Merawat lingkungan sekitar bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga lingkungan, tetapi juga tanggung jawab setiap individu. Tindakan sederhana seperti mengurangi limbah, menghemat energi, mendaur ulang, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dapat membuat perbedaan besar. Dengan berkolaborasi dan bekerja bersama-sama, kita dapat menjaga kelestarian bumi ini dan mewariskannya kepada generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *