International Plastic Bag Free Day

Teramala.id Hallo sobat tera! Kalian pasti tahu Hari Bebas Kantong Palstik Sedunia (International Plastic Bag Free Day)!

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau World Plastic Bag Free Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 Juli. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif penggunaan kantong plastik sekali pakai dan mendorong masyarakat serta pemerintah untuk mengurangi penggunaannya.

Penggunaan kantong plastik memiliki banyak bahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup seperti pencemaran Laut dan ekosistem, kerusakan ekosistem darat, kerusakan lingkungan, efek perubahan iklim, dan bahaya kesahatan manusia. Pada Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, individu dan organisasi di seluruh dunia mengambil berbagai tindakan untuk mengurangi penggunaan plastik. Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti:

  1. Pilihlah tas belanja yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti cotton, polypropylene, kanvas, kertas, rami, bambu, atau karung goni. Beberapa bahan tersebut tahan air dan kuat sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama.
  2. Pengurangan Penggunaan Plastik: Banyak orang mengambil komitmen untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mungkin menggunakan botol air yang dapat diisi ulang, membawa tas belanja kain, atau menggunakan perlengkapan makanan dan minuman yang tahan lama.
  3. Pembersihan Lingkungan: Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan lingkungan, seperti membersihkan pantai, sungai, atau area publik lainnya dari sampah plastik.
  4. Inisiatif Bisnis: Perusahaan dan toko-toko dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan plastik dalam operasi mereka. Ini dapat melibatkan penggunaan kemasan alternatif yang ramah lingkungan atau penawaran produk tanpa plastik.
  5. Inovasi Teknologi: Banyak inovasi sedang dikembangkan untuk menggantikan plastik sekali pakai dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pada Hari Bebas Plastik Sedunia, inovasi semacam itu sering kali dipromosikan dan diakui.

Ingatlah Sobat Tera!, bahwa perubahan yang signifikan membutuhkan kerja sama dan kesadaran kolektif. Dengan mengambil langkah-langkah kecil dan melibatkan masyarakat secara luas, kita dapat mencapai pengurangan penggunaan kantong plastik yang lebih besar dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *