Mempelajari dan Melestarikan Keanekaragaman Hayati di Kebun Raya Purwodadi

Teramala.id-Kebun Raya pertama kali didirikan di Padua, Italia pada abad ke-16 dan kemudian diikuti oleh Kebun Raya Kew di London pada abad ke-18. Kebun Raya Bogor di Indonesia, didirikan pada tahun 1817, menjadi salah satu kebun raya tertua di dunia. Sejak itu, kebun raya telah berkembang di berbagai belahan dunia dan berperan sebagai pusat penelitian dan konservasi tumbuhan. Kebun Raya memiliki peran penting dalam melestarikan keanekaragaman hayati. Mereka menjadi tempat yang aman bagi tumbuhan langka dan terancam punah, memelihara koleksi spesies yang berharga secara ekologi, dan melakukan kegiatan pemuliaan tumbuhan. Kebun Raya juga berperan dalam penelitian tentang ekologi, taksonomi, dan interaksi antara tumbuhan dengan lingkungannya.

Kebun Raya Purwodadi ialah salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Indonesiayang terletak di Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Menurut Wikipedia, Kebun Raya Purwodadi ini didirikan pada tahun 1941 oleh seorang peneliti bernama Dr. Lourens Gerhad Marinus Baas Becking sebagai pemekaran dari Kebun Raya Bogor. Setelah Indonesia merdeka, kebun raya ini pun diambil alih oleh negara yang dipimpin oleh Moestopo pada rentang tahun 1945-1949, hingga saat ini pemerintah mempercayakan pengelolaannya kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI). 

Kebun Raya Purwodadi untuk pertama kalinya dibuka untuk umum pada tahun 1963. Pembangunan Kebun Raya semakin digalakkan pada tahun 1980 untuk memetakan kembali tanaman menurut suku yang menganut sistem klasifikasi engler dan prantl. Di Kebun Raya Purwodadi sendiri memiliki luas kawasan sekitar 85 hektar, 2000 jenis tumbuhan yang total spesiesnya mencapai 11.000 spesies. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya sebesar Rp25000.

Selain sebagai tempat rekreasi, kebun raya juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian. Mereka menyediakan program pendidikan yang melibatkan pengunjung dari berbagai usia untuk memahami pentingnya keanekaragaman hayati, konservasi alam, dan keberlanjutan. Kebun Raya juga menjadi tempat untuk melakukan penelitian ilmiah dalam bidang botani, ekologi, dan ilmu lingkungan. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan alami, mempertahankan warisan budaya, dan menghormati kearifan lokal. Pada tahun 2022, Kebun Raya Purwodadi sendiri  memperoleh penghargaan East Java Tourism Award (EJTA) dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebagai pemenang kategori Daya Tarik Wisata Alam Terbaik yang dikelola oleh swasta.

Kebun Raya Purwodadi juga sedang mengembangkan kelas berkebun sebagai inovasi dan edukasi dalam aspek tumbuhan atau penghijauan. Kelas berkebun ini menjadi program unggulan di tahun 2023, sebagai fungsi kebun raya sebagai tempat edukasi. General Manager Kebun Raya Purwodadi Galendra Jaya menjelaskan, Program Kelas Berkebun ini ditujukan kepada siswa dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa. Tabulampot atau tanaman buah di dalam pot menjadi salah satu materi yang paling diminati oleh peserta.

sumber : tribunnews.com

‚ÄúProgram Kelas Berkebun merupakan upaya kami dalam meningkatkan fungsi edukasi di Kebun Raya Purwodadi, banyak sekali manfaat ilmu tumbuhan yang bisa di serap oleh peserta didik,” ujar Galendra.

Kebun Raya Purwodadi memiliki peran penting dalam pendidikan lingkungan. Dengan menyelenggarakan program pendidikan, tur, dan kegiatan interaktif lainnya, kebun raya ini membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati. Melalui pengalaman langsung di kebun raya, pengunjung dapat belajar tentang tumbuhan, ekosistem, dan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

Kebun Raya Purwodadi memberikan manfaat yang cukup luas, baik dalam pelestarian keanekaragaman hayati maupun pendidikan lingkungan. Melalui koleksi tumbuhan yang beragam dan program pendidikan yang diselenggarakan, kebun raya ini menjadi tempat penting untuk mempelajari, menghargai, dan melindungi kehidupan alam. Dalam era perubahan iklim dan kepunahan spesies yang semakin mengkhawatirkan, kebun raya memainkan peran penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan menginspirasi tindakan untuk menjaga lingkungan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *