Mencintai Penghijauan di Lingkungan Sekitar

Mencintai Penghijauan di Lingkungan Rumah adalah Langkah yang Memberikan Dampak Besar terhadap Lingkungan

Seperti yang kita ketahui, bahwa go green atau gerakan penghijauan merupakan gerakan yang dilakukan seseorang sebagai segala upaya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kembali kondisi lahan agar dapat bermanfaat secara optimal sesuai dengan fungsinya semula. Masyarakat yang masih peduli dengan lingkungan, pasti akan merawat lingkungannya. Hal yang perlu kita tegaskan dan lakukan adalah gerakan penghijauan ini.

Penghijauan di lingkungan rumah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, terutama dalam upaya menjaga kualitas lingkungan sekitar rumah serta dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan keindahan rumah. Berikut adalah beberapa kiat untuk mencintai penghijauan di lingkungan rumah :

  1. Membuat Taman Mini
source:Istimewa

Dengan Taman mini dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mewujudkan penghijauan di lingkungan rumah. Taman mini dapat dibuat dengan menanam beberapa jenis tanaman hias di dalam pot, atau dengan menanam tanaman di tanah dengan skala yang lebih besar. Dalam membuat taman mini, pastikan tanaman yang terpilih cocok dengan kondisi lingkungan sekitar rumah, agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat.

2. Menanam Tanaman Peneduh

Selanjutnya, menanam tanaman peneduh seperti pohon bisa menjadi solusi yang tepat untuk melindungi lingkungan rumah dari panasnya sinar matahari. Selain itu, tanaman peneduh juga dapat memberikan nuansa yang asri pada lingkungan sekitar rumah, sehingga lingkungan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

3. Memilih Tanaman yang Bersifat Serba Guna

Berikutnya memilih tanaman yang bersifat serba guna seperti tanaman obat, buah-buahan atau sayuran dapat menjadi solusi yang tepat untuk memanen berbagai kebutuhan sehari-hari dalam satu waktu. Hal ini akan membantu mengurangi biaya hidup dan mengurangi polusi udara di sekitar rumah.

4. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Selain menanam tanaman, menjaga kelestarian lingkungan juga menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kualitas lingkungan sekitar rumah. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kantong plastik dan mengganti dengan kantong belanja reusable atau tas bawaan sendiri, dan juga melestarikan habitat binatang di sekitar rumah.

5. Mengajak Anggota Keluarga Untuk Ikut Bertanggung Jawab

Penghijauan di lingkungan rumah juga dapat melibatkan seluruh anggota keluarga untuk ikut bertanggung jawab dalam menjaga dan merawat tanaman. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mempererat hubungan keluarga.

source:pexels.com

Itulah beberapa kiat yang dapat dilsayakan sebagai bentuk cinta terhadap penghijauan di lingkungan rumah. Dengan melakukan kegiatan ini, selain menjaga kualitas lingkungan sekitar rumah, kita juga turut serta dalam aksi menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk generasi mendatang.Fitri Riduan berpendapat yang menjadi salah satu perncinta lingkungan bahwa “Menurut beberapa pencinta lingkungan disekitar, bahwasanya semakin tingginya tingkat polusi udara di Jakarta membuat sebagian penduduknya semakin sadar akan pentingnya ketersediaan oksigen di kota ini. Meski beberapa komunitas menggerakkan kesadaran akan pentingnya penghijauan dan pelestarian lingkungan bermunculan. Semua punya misi yang sama; membuat Kota semakin hijau dan semakin sehat. Lahan sempit bukan alasan untuk tidak menggerakkan semangat menanam.”

” Yang mana semua polusi berkumpul menjadi satu. Seperti polusi udara dari knalpot kendaraan bermotor, polusi debu, polusi udara dari sisa pembakaran pabrik, polusi air dari sisa limbah pabrik, polusi suara dari kendaraan bermotor yang lalu- lalang di jalan raya, apalagi jika waktu malam hari sering terjadi balapan liar, dan lain sebagainya. Hal ini membuat saya sangat khawatir akan kesehatan masyarakat di lingkunganku kedepannya. Dan saya berfikir untuk mengurangi solusi ini dengan cara menggebrakkan gerakan penghijauan lingkungan sekitar. Mulai dari menanam pohon untuk mengurangi polusi dari kendaraan bermotor, tidak membuang sampah sembarangan untuk mengurangi polusi tanah, tidak mengizinkan pabrik membuang limbahnya keselokan untuk mengurangi polusi air, dan lain sebagainya.” Ujar Surya Fitrah yang bertempat tinggal di sekitar Lingkungan industri.

Mencintai penghijauan di lingkungan rumah adalah langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar terhadap lingkungan. Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan yang indah, sehat, dan berkelanjutan di sekitar rumah Anda. Dan ingatlah bahwa setiap usaha kecil Anda untuk menghijaukan lingkungan berarti mempersembahkan warisan yang lebih baik untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *