Menghirup Oksigen Terbaik dan Tersehat di Pulau Gili Iyang Sumenep, Madura

Teramala.id-Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memiliki pantai dengan kapasitas oksigen terbaik kedua di dunia. Pantai tersebut adalah Gili Iyang, sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura.

Gili Iyang adalah salah satu pulau kecil yang terletak di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini menawarkan pesona alam yang luar biasa, dengan pantai pasir putih yang sangat panjang, air laut yang jernih dan tenang, serta pemandangan bawah laut yang indah.

Mengutip dari laman indonesia.go.id, Gili Iyang di Kabupaten Sumenep merupakan tempat terbaik merasakan kesegaran udara di Indonesia. Kadar oksigennya 20,9 persen, melebihi daerah lainnya.

Gili atau pulau dalam bahasa setempat, memiliki luas sebesar 9,15 km2 didiami oleh 7.832 jiwa yang menghuni dua desa, yakni Bancamara dan Banraas.

Bersihnya udara di Gili Iyang juga didasari atas minimnya kandungan zat-zat pencemar udara seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, atau sulfur dioksida.

Selain memiliki kadar udara yang baik, Pulau Gili Iyang juga dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisata favorit di sana adalah wisata Batu Cangga. Batu Cangga merupakan sebuah objek wisata alam yang berada tepat di bagian bawah dari sebuah bukit karst yang menjorok ke Laut Jawa, di utara Pulau Gili Iyang.

Selain wisata Batu Cangga, di sana juga terdapat destinasi wisata Pantai Ropet yang lokasinya berdekatan. Air laut di pantai tersebut sangat jernih, sehingga wisatawan bisa melihat secara jelas terumbu karang yang ada di bawah laut.

Gili Iyang punya magnet tersendiri untuk menarik minat para turis atau warga luar pulau madura untuk datang demi menikmati udara segar. Tapi bukan hanya sebatas itu saja daya tarik Gili Iyang, melainkan pulau ini pun memiliki keindahan alam yang tak ada duanya.

Penulis : Nur Nadira F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *