Menjaga dan Merawat Lingkungan Membuat Hidup Sejahtera

Teramala.id-Lingkungan sekitar adalah bagian dari alam yang terdiri dari berbagai elemen seperti tanah, air, udara, tumbuhan, dan hewan. Lingkungan sekitar sangat penting karena memberikan dukungan untuk kehidupan manusia dan semua makhluk hidup lainnya. Sayangnya, lingkungan sekitar kini semakin terancam oleh dampak aktivitas manusia yang merusak. Pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi dunia saat ini.

Berbagai jenis pencemaran seperti pencemaran air, udara, dan tanah semakin meningkat setiap tahunnya. Pencemaran air seperti limbah industri, limbah rumah tangga, dan penambangan emas tanpa izin telah menyebabkan kualitas air semakin buruk. Sedangkan pencemaran udara seperti asap kendaraan dan kebakaran hutan membuat polusi udara semakin meningkat dan berdampak buruk pada kesehatan manusia. Selain itu, kerusakan lingkungan juga terjadi akibat penebangan hutan yang berlebihan dan perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca. Kondisi ini menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan tanah longsor semakin meningkat.

“Memilah sejak awal itu penting. 3 R jalan di tingkat keluarga, ketika pemilahan jalan di tingkat keluarga maka pemberdayaan keluarga akan optimal dan sampah bisa membawa kesejahteraan,” tegas dr. Hasto selaku Kepala Badan Kependudukan.

Sumber: Istimewa

Dalam rangka menjaga lingkungan sekitar, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia. Beberapa upaya yang dapat di lakukan antara lain adalah memperkuat hukum dan regulasi terkait lingkungan, mendorong penggunaan energi terbarukan, dan melakukan kampanye kesadaran lingkungan. “Sesuai Amanat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Perpres tersebut juga merupakan komitmen agar pelaksanaan dan pencapaian SDGs dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh pihak terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pegawai pemerintah yang diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung negara mencapai tujuan dari SDGs di tahun 2030.” Ungkap Hj. Anna Midawaty, S.Kom, MM. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana menjaga dan merawat lingkungan sekitar kita dapat menciptakan kehidupan yang sejahtera bagi kita semua.

  1. Kesehatan Lingkungan

Pertama lingkungan yang sehat berkontribusi pada kesehatan kita secara keseluruhan. Udara bersih, air minum yang aman, dan lingkungan alami yang terjaga membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Dengan mengurangi polusi udara dan air, serta menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat menciptakan kondisi yang mendukung kesehatan kita dan mencegah penyebaran penyakit.

2. Ketersediaan Sumber Daya

Selanjutnya merawat lingkungan juga berarti menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Air bersih, tanah yang subur, dan keanekaragaman hayati adalah sumber daya penting yang memberikan kehidupan yang sejahtera. Dengan mengurangi konsumsi yang berlebihan, mendaur ulang, dan menggunakan energi terbarukan, kita dapat menjaga kelangsungan ketersediaan sumber daya alam ini untuk kehidupan sekarang dan masa depan.

3. Ekonomi Berkelanjutan

Selanjutnya perawatan lingkungan juga berhubungan erat dengan ekonomi yang berkelanjutan. Melindungi lingkungan bukan berarti mengorbankan pertumbuhan ekonomi, tetapi mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam kegiatan ekonomi. Investasi dalam energi terbarukan, teknologi hijau, dan praktik bisnis yang ramah lingkungan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

4. Kelestarian Lingkungan dan Kehidupan Masa Depan

Menjaga dan merawat lingkungan adalah tanggung jawab kita terhadap generasi yang akan datang. Perubahan iklim, penurunan keanekaragaman hayati, dan perusakan habitat adalah tantangan nyata yang di hadapi oleh planet kita saat ini. Dengan mengambil tindakan sekarang, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca, melindungi habitat alami, dan mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan, kita dapat memberikan warisan yang baik dan hidup yang lebih baik bagi anak cucu kita.

5. Kesadaran dan Aksi Kolaboratif

Yang terakhir menjaga dan merawat lingkungan membutuhkan kesadaran dan tindakan dari semua orang. Pendidikan dan kesadaran publik yang kuat tentang pentingnya lingkungan perlu di tingkatkan. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita dapat memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kehidupan manusia dan semua makhluk hidup di dunia ini. Mari kita semua berperan aktif dalam menjaga kondisi lingkungan sekitar demi masa depan yang lebih baik

“Merawat dan menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita untuk melindungi alam dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan”. tegas Wildan selaku masyarakat lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *