Pengelolaan Sampah TPST Mulyoagung Bersatu

Teramala.id-Pembuangan sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan masalah lingkungan yang serius. Sampah yang di buang secara sembarangan dapat mencemari air, tanah, dan udara, serta menjadi sarang penyakit dan hama. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem pengelolaan sampah yang efektif dan tempat pembuangan sampah yang teratur dan teratur. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya tempat pembuangan sampah yang memadai dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Tempat pembuangan sampah yang tepat memiliki peran kunci dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah dampak negatif terhadap kesehatan manusia serta ekosistem. Tempat pembuangan sampah adalah area yang di tentukan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah sampah sebelum di buang secara akhir.

“Jadi Kita hanya mengumpulkan sampah yang sudah menjadi pelanggan kita, untuk setiap harinya kita mengambil sampah dengan menggunakan mobil kita dan tentunya untuk orang-orang yang sudah kami ambil sampahnya mempunyai tanggung jawab untuk membayar iuran. Kemudian dengan sampah yang sudah terkumpul kita proses dengan menggunakan 3R” Ujar Nugraha Wijayanto selaku sekretaris TPST 3R Mulyoagung. “Nah nanti dari sampah yang sudah terkumpul bisa kita ambil manfaatnya. Contohnya seperti Botol yang sudah dibuang di TPA kita kumpulkan, otomatis sampah yang di TPA berkurang sehingga kita bisa jual kembali. Contohnya lagi daun kering yang terkumpul bisa kita jadikan kompos dan ibarat kompos tidak laku bisa juga dimanfaatkan kembali untuk penghujauan dan manfaat lain lainnya” tambah Nugraha Wijayanto dalam wawancara.

sumber : istimewa

Fungsi utama tempat pembuangan sampah adalah untuk mencegah penyebaran sampah secara acak dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Berikut ini beberapa alasan mengapa tempat pembuangan sampah yang baik sangat penting:

  1. Mencegah Pencemaran Lingkungan

Dengan adanya tempat pembuangan sampah yang teratur, sampah dapat diatur dan dikumpulkan dengan baik. Ini mengurangi kemungkinan sampah tersebar di sekitar lingkungan, seperti sungai, danau, atau area hijau. Dalam jangka panjang, ini membantu mencegah pencemaran lingkungan dan kerusakan ekosistem.

2. Mencegah penyebaran penyakit

Sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menjadi tempat berkembang biak bagi berbagai jenis penyakit dan hama. Lalat, tikus, dan serangga lainnya dapat membawa kuman dan bakteri dari tumpukan sampah ke permukiman manusia. Dengan memiliki tempat pembuangan sampah yang memadai, risiko penyebaran penyakit dapat berkurang secara signifikan.

3. Mengurangi Dampak Negatif Terhadap Kesehatan Masyarakat

Sampah yang di buang sembarangan dapat menghasilkan bau tidak sedap dan menjadi sumber polusi udara. Asap dari pembakaran sampah juga mengandung zat-zat beracun yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Dengan adanya tempat pembuangan sampah yang teratur, pembakaran sampah minim dan risiko gangguan pernapasan serta masalah kesehatan lainnya dapat berkurang.

4. Mendaur Ulang dan Mengelola Sampah Secara Efektif

Tempat pembuangan sampah yang baik juga dapat memberikan fasilitas untuk mendaur ulang dan mengelola sampah secara efektif. Sampah yang terpisah dan dikumpulkan dengan baik memungkinkan proses pengolahan dan daur ulang yang lebih mudah dilakukan. Ini membantu mengurangi volume sampah yang akhirnya mencapai tempat pembuangan akhir.

5. Peningkatan Keindahan dan Ketertiban Lingkungan: Tempat pembuangan sampah yang teratur dan tertata memberikan kontribusi penting dalam menjaga keindahan lingkungan. Dengan adanya fasilitas pengumpulan dan pembuangan yang teratur, pemandangan sampah yang mengganggu dapat terhindari. Hal ini juga berdampak positif pada peningkatan kualitas hidup dan kebanggaan masyarakat terhadap lingkungan mereka.

Pengelolaan sampah yang baik membutuhkan kerjasama dan kesadaran dari semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Pemerintah perlu mengembangkan kebijakan yang mendukung pembuangan sampah yang teratur, menyediakan infrastruktur yang memadai, dan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan sampah. Masyarakat juga harus terlibat dalam praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, seperti memisahkan sampah organik dan anorganik, serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Dalam menghadapi masalah sampah yang semakin kompleks, inovasi juga sangat penting. Pengembangan teknologi daur ulang yang lebih efisien dan metode pengolahan sampah yang ramah lingkungan dapat membantu mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.Secara keseluruhan, tempat pembuangan sampah yang memadai dan efektif adalah komponen penting dalam pengelolaan sampah yang baik. Dengan adanya tempat pembuangan sampah yang teratur, kita dapat menjaga kebersihan lingkungan, mencegah penyebaran penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Penting bagi semua pihak untuk bekerja sama guna mencapai pengelolaan sampah yang lebih baik dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *