PMM Membawa Dampak Positif Terkait Penanganan Lingkungan Hidup

Teramala.id-Lingkungan hidup merujuk pada semua faktor fisik, kimia, dan biologis yang ada di sekitar kita. Memperhatikan lingkungan sangat penting karena kondisinya dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan manusia, serta kelangsungan hidup spesies lain di planet ini. Beberapa isu penting terkait lingkungan hidup adalah perubahan iklim, polusi udara dan air, kehilangan keanekaragaman hayati, deforestasi, limbah, dan keberlanjutan sumber daya alam. Dalam beberapa dekade terakhir, kesadaran akan perlunya menjaga dan melindungi lingkungan hidup telah meningkat secara signifikan.

Upaya pelestarian lingkungan melibatkan partisipasi individu, pemerintah, dan swasta. Maka dari itu Universitas Muhammadiyah Malang melalui program Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM). Kegiatannya seperti pembuatan, pendampingan, penyuluhan, aplikasi, desain, pelatihan Teknologi Tepat Guna, dalam satu program studi atau lintas program studi. Bentuk kegiatan yaitu, proyek merupakan kreativitas,inovasi dan ide sedangkan edukasi merupakan kegiatan untuk memberikan/meningkatkan kompetensi baik itu pengetahuan, ketrampilan, dan kepribadian.

PMM itu sendiri termasuk dalam kegiatan kurikuler yang berbobot 4 sks dan wajib bagi setiap mahasiswa. Ditempuh berdasarkan perencanaan studi secara terstruktur. Mahasiswa dapat memilih tempat dan sasaran kegiatan PMM yang DPPM tawarkan. Dilaksanakan di desa, institusi, unit usaha atau kelompok komunitas tertentu dalam 30 hari/90 hari.

Teramala.id

Salah satunya kelompok 32 gelombang 8 yang melakukan kegiatan PMM di Pondok Pesantren Roudlatul Ridlwan yang terletak di daerah Batu. Mereka membuat beberapa kegiatan tentang pelestarian lingkungan hidup yang di dalamnya ada beberapa agenda yaitu membuat taman untuk ditanami berbagai jenis tanaman serta menerapkan praktik pengelolaan botol plastik bekas menjadi hiasan taman. Dalam hal ini salah satu anggota Lia Rifka menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. “kami ingin para santri untuk peduli terhadap lingkungan dengan mengajak mereka membuat taman bunga dan melakukan pengolahan limbah plastik” (ujarnya).

KH M Yakub Ridlwan selaku Kepala Yayasan Ar Ridlwan sangat senang kepada mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan PMM di pondoknya. “saya berterima kasih kepada mahasiswa UMM yang sudah melakukan kegiatannya, sekarangpun terus bergantian dan banyak manfaat, harapannya Pengabdian Masyarkat oleh Mahasiswa (PMM) kreativitas, kemandirian santri bisa meningkat khususnya dalam penangan lingkungan”.

Masyarakat sekitar ikut merasakan dampak dari kegiatan PMM dan berterima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Malang yang membuat kegiatan bermanfaat. Karena sangat membantu, mengajarkan mereka pentingnya menjaga lingkungan dengan  Pengolahan limbah yang bertujuan mengurangi dampak negatif limbah terhadap lingkungan. Plastik merupakan salah satu bahan yang sulit terurai secara alami, sehingga pengelolaan limbahnya menjadi sangat penting untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *