Top! Berikut Ini 5 Produk Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Jawa Timur

Teramala.id-Dengan penduduk yang berjumlah 40 juta lebih jiwa menjadikan provinsi Jawa Timur sebagai provinsi dengan penduduk terbanyak kedua di Indonesia. Selaras dengan hal tersebut produksi sampah penduduk tentu sama besarnya. Sampah plastik masih menjadi PR besar bagi pemerintah dalam hal pengelolaan sebab sampah tersebut membutuhkan jangka waktu yang lama untuk terurai. Plastik makanan, minuman, hingga kebutuhan rumah tangga masih mendominasi sampah plastik di Indonesia khususnya Jawa Timur. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 22 tahun 2021 pasal 242 menjelaskan bahwa Menteri, Gubernur, Wali Kota/Bupati melakukan pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan laut yang berasal dari darat dan/atau laut. Namun hal tersebut bak jauh panggang daripada api. Hingga saat ini pencemaran sampah utamanya sampah plastik belum juga terselesaikan dan solusi dari pemerintah pun belum terlihat.

Hasil brand audit dari Ecoton dan Rivers Warrior sepanjang 2022 di 8 Kota/Kabupaten di Jawa Timur (Bangkalan,Magetan, Tulungagung, Gresik, Jember, Malang, Kediri dan Sidoarjo). Hasil brand audit di Jawa Timur menunjukkan banyaknya sampah jenis sachet (multilayer) yang sulit untuk di daur ulang. Berikut 5 produk penghasil sampah plastik di Jawa Timur.

  1. Wings (523 Piece)
sumber/hipwee

PT Wings Surya adalah perusahaan yang menempati posisi pertama sebagai penghasil sampah plastik terbanyak di Jawa Timur. Perusahaan ini memproduksi produk – produk rumah tangga yang berkantor di Surabaya. Produk yang dihasilkan seperti bubuk deterjen, pewangi So Klin, pasta gigi, produk makanan instan, hingga makanan ringan.

2. Unilever (330 Piece)

sumber/gomuslim

Berikutnya dari 8 Kota/Kabupaten di Jawa Timur, Ecoton menemukan 330 plastik produk perusahaan ini. Unilever tercatat sebagai perusahaan penghasil sampah plastik kedua di Jawa Timur. Perusahaan ini memproduksi makanan, minuman, dan produk perawatan tubuh.

3. Indofood (307 piece)

sumber/kumparan.com

Selanjutnya ada perusahaan penghasil berbagai jenis makanan dan minuman ini bermarkas di Jakarta. Sebanyak 307 piece sampah plastik terdapat di 8 Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

4. Mayora (209 piece)

sumber/mayoraindah

Perusahaan yang beroperasi sejak tahun 1977 ini bergerak dalam bidang pengolahan makanan dan minuman. Sampah plastik produk perusahaan ini sebanyak 209 piece terdapat di Jawa Timur dan menempati urutan keempat.

5. Ajinomoto (183 piece)

sumber/ajinomoto

Berikutnya perusahaan asal Jepang yang memproduksi bumbu masak ini menempati urutan kelima sebagai penghasil sampah plastik di Jawa Timur. Sebanyak 183 piece plastik produk perusahaan ini ditemukan di 8 Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

Selanjutnya hasil brand audit Ecoton dan Rivers Warrior di Kota/Kabupaten di Jawa Timur dalam rangka kegiatan tahunan oleh LSM Break Free From Plastic (BFFP). Ecoton dan Rivers Warrior menjadi relawan dalam kegiatan ini untuk mengumpulkan sampah plastik bungkus makanan, minuman, kebutuhan pribadi, kosmetik, dan kebutuhan sehari – hari dari industri.

Dikutip dari Ecoton.or.id, Rivers Warrior dan Ecoton akan melakukan aksi Regional di Jawa Timur mendorong produsen untuk mengurangi pencemaran sampah plastik di perairan “Kami akan menyurati dan mendatangi produsen – produsen yang menghasilkan bungkus yang tidak bisa diolah secara alami, produsen seperti Wings, Unilever, Indofood, Mayora, dan Danone harus ikut membersihkan sampah yang tercecer di Jawa Timur serta serius mengolah sampah yang mengotori perairan di Jawa Timur.” sebut Sofi Azilan Aini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *