Workshop DIY Daily Needs, Edukasi Konsumsi Produk Reusable Bersama Estri ECO-Bulk Store

Teramala.id-Saat ini banyak sekali kita temui platform atau company yang mengadakan workshop kreatif untuk mengasah soft skill. Mulai dari workshop bakery, merangkai bunga, kerajinan beads, membuat parfum, hingga daily needs lainnya. Dengan mengikuti workshop, kita menambah wawasan tentang topik yang diadakan serta menambah relasi. Tak terkecuali workshop yang diadakan oleh Éstri Eco-Bulk Store. Éstri Eco-Bulk Store sendiri merupakan toko kelontong menjual  produk kebutuhan dasar sanitari, sembako, kebutuhan perempuan dan lain-lain. Namun, sesuai dengan nama dan kosenpnya, Eco-Bulk Store memproduksi produknya secara homemade menggunakan bahan-bahan alami dan yang paling penting adalah tidak dikemas menggunakan plastik.

Namun tidak hanya menjual, Cindy (27) selaku founder Éstri Eco-Bulk Store juga mengadakan berbagai workshop, “Estri sudah beberapa kali diundang di event untuk sharing-sharing gimana perjalanan memulai hidup minim sampah baik di kehidupan sehari-hari dan menjalani bisnis ini juga. Beberapa kali juga estri mengisi workshop DIY beberapa produk ramah lingkungan” ujarnya. Ia juga menambahkan bawah senang sekali membagikan ilmunya terkait pembuatan produk ramah lingkungan.

Workshop yang diadakan juga beragam diantaranya pembuatan Botanical Wax Sachet. Acara ini diselenggarakan pada 17 Juni lalu. Dengan workshop ini bagi teman-teman yang mengikuti akan mendpatkan pengalaman praktik membuat botanical wax saschet, serta membawa hasil karya masing-masing. Tak hanya itu, dengan mengikuti workshop ini juga dapat menambah relasi yang lebih luas.

Diketemui saat workshop, Tania (19) mengaku sangat antusias mengikuti workshop ini. “Aku excited banget ikut workshop dari estri bulk store ini karema seru aja bikin wax yang wangi-wangi dan tentu saja ramah lingkungan.” Ujarnya. Mengingat benefit yang ditawarkan cukup menguntungkan, harganya juga terbilang terjangkau yaitu sebesar Rp 129.000.

(Sumber : Cindy founder Éstri Eco-Bulk Store)
Work shop Punch Needle Class pada 18 Juni 2023

Berbicara soal menyebarkan edukasi tentang kampanye penggunaan produk ramah lingkungan, Estri Bulk Store tidak hanya mengadakan workshop, melainkan memanfaatkan sosial media bisnisnya melalui konten edukasi. Konten ini berupa feeds tentang bagaimana mengolah pupuk menjadi kompos. Cindy mengatakan bahwa awalnya pengolahan kompos ini hanya untuk kebutuhan pribadi, namun Ia beranggapan bahwa tidak ada salahnya membagikan kegiatan ini melalui konten yang menarik. “Pengolahan kompos hanya untuk konsumsi pribadi soalnya sampah yg masuk composer juga sampah dapur dirumah. Hasilnya untuk tanam tanaman sendiri dirumah ga dijual. Tapi menarik juga kalau dikontenin, mengingat hal ini juga upaya menjaga lingkungan” ujar Cindy.

Selain konten mengolah pupuk kompos, Estri juga membagikan edukasi bank sampah. Karena Éstri sendiri merupakan anggota di bank sampah di Taruna Makmur. “Estri menjadi anggota di bank sampah Taruna Makmur di RT tempat estri tinggal, jd itu programnya kabupaten malang kayanya disetiap desa di kab.malang pasti ada bank sampah yang di sebar di beberapa titik. Mereka udah kerjasama dengan pengepul yang nantinya sama pengepul akan disetorkan ke pabrik yang mendaur ulang di setiap kategori sampah” ujar Cindy.

Upaya edukasi ramah lingkungan yang dilakukan oleh Éstri Eco-Bulk Store sudah terbilang efektif, mengingat banyaknya minat yang terlihat dari akun instagram @estri.bulk. Cindy berharap kampanyenya ini dapat memberi dampak dan perubahan serta menggerakkan masyarakat untuk peduli dengan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *