World Environment Day : Beat Plastic Pollution, Eazy-Team X Sang Kelana Ajak Tanam Bibit Kopi di Kaki Gunung Arjuno

Teramala.id–Berbicara soal sampah plastik memang tidak ada habisnya. Dilansir dari laporan indeks yang diterbitkan oleh Plastic Waste Makers Index menunjukan bahwa dunia menghasilkan 139 metrik ton sampah sekali pakai pada 2021. Yang mana jumlah ini melebihi 6 juta metrik dari tahun sebelumnya. Tentu saja angka ini bertambah setiap tahunnya. Tak heran, pemerintah di seluruh dunia telah menggencarkan peraturan untuk mengurangi volume penggunaan plastik sekali pakai, seperti sedotan, penyeka kapas, wadah makanan sekali pakai beberapa tahun terakhir ini. Berangkat dari urgensi tersebut, peringatan hari lingkungan sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Juni kali ini mengusung tema “Beat Plastic Pollution” yang berfilosofi bagaimana negara, bisnis dan tiap individu menerapkan kebiasaan untuk menggunakan bahan plastik secara  lebih berkelanjutan sehingga dapat mengurangi polusi plastik.

Untuk memperingati hari lingkungan sedunia tersebut, salah satu tim praktikum public relation, prodi ilmu komunikasi UMM menggandeng Sang Kelana menggelar serangkaian acara memperingati World Environment Day. Sang Kelana ini sendiri merupakan sebuah coffee shop dengan konsep nomaden dan tentu saja ramah lingkungan. Berawal dari pra event yaitu campaign “SOPAN” (Kelana Social Campaign) yang terselenggarakan pada hari Minggu, 21 Mei 2023 di lapangan Rampal dan hari Kamis 25 Mei 2023 di Vokasi UB. “Sistemnya adalah sampah plastik, kalau bisa botol-botol plastik bekas nanti ditukar dapat 1 cup kopi. Pra event ini juga lebih ke ngopi santai aja tapi sambil ngumpulin sampah” tutur Deva Maula Pratama, selaku penyelenggara acara. Yang mana ketentuannya adalah 3 sampah botol plastik besar dapat ditukar dengan kopi tubruk, 5 sampah botol plastik besar dapat ditukar kopi susu panas, dan 10 sampah botol plastik besar dapat ditukar dengan es kopi susu.

Deva juga menjelaskan bahwa timnya bekerja sama dengan Bank Sampah Malang untuk menyetorkan sampah-sampah plastik yang sudah dikumpulkan, “Nantinya, sampah-sampah yang udah ditukarkan sama segelas kopi ini akan disetorkan ke bank sampah Malang agar bisa diolah menjadi bahan daur ulang”, jelasnya.

Mendapat antusias yang positif dari masyarakat, EAZY Tim dan Sang Kelana semakin optimis untuk melanjutkan puncak event mereka yang terselenggara pada 4 Juni 2023. Event utama yang diselenggarakan terbilang menyenangkan karena mengajak masyarakat “healing” sekaligus bermanfaat untuk lingkungan, yaitu menanam biji kopi di Kaki Gunung Arjuna bersama komunitas motor tua! “Jadi, Berkelana Menyapa Arjuna ini main event kita, yaitu start di UB Forest pada jam 8 pagi bersama teman-teman komunitas motor tua menikmati live music sambil kopi pagi dengan menukar sampah botol plastik seperti di event SOPAN kemarin. Jadi tidak ada pungutan biaya sama sekali” jelas Deva. Tak sampai di situ, setelah kopi pagi di UB Forest mereka melanjutkan acaranya di Kaki Gunung Arjuna, “Sehabis kopi pagi itu tadi, kita lanjut jalan ke kaki Gunung Arjuna buat menanam bibit kopi sekaligus menjadi puncak acara dari event kita” sambung Deva.

Dilansir dari EAZY Tim, event utamanya kali ini mendapat antusias yang tidak kalah positif dari event selanjutnya. Terdapat 60 peserta mengikuti main event yang berjudul “Berkelana Menyapa Arjuna” ini. Salah satu peserta bernama Haidi Sunanto mengaku mengikuti event ini karena menurutnya tidak biasa, “Event ini menarik banget ya, terutama saya lihat dari Sang Kelananya. Ada coffeeshop yang jualannya pakai mobil VW di Malang, itukan sangat jarang ya. Selain itu, kapan lagi bisa beli kopi bayar hanya menggunakan botol air mineral” jelasnya.

Event Berkelana Menyapa Arjuna ini sekaligus menyuguhkan pengalaman baru “ngopi di gunung”. Tentu saja pengalaman ini menjadi hal yang mengasyikan, khususnya bagi masyarakat perkotaan dengan hiruk pikuknya. “Saya jarang datang ke daerah yang jauh dari perkotaan tapi kemarin ikut event Berkelana Menyapa Arjuna jadi merasakan vibes yg baru bisa ngopi di kaki Gunung Arjuna yang pemandangannya asri banget.” ujar Rima Dewi, salah satu peserta Berkelana Menyapa Arjuna. Selain ngopi di tempat yang asri, aktivitas lainnya adalah menanam biji kopi yang menjadi insightful bagaimana menanam biji kopi yang benar serta dapat memilah dan memilih biji kopi yang berkualitas. Rima juga menambahkan bahwa menanam biji kopi ini sebuah pengalaman baru baginya “Alesan aku ikut (event Berkelana Menyapa Arjuna) karena  tertarik ada menanam bibit kopinya, kaya ga pernah ada sebelumnya ngopi terus abis itu bisa ikut nanem bibit kopinya juga, jadi buat tambah-tambah pengalaman”, jelas Rima yang mengetahui event ini dari media partner @eventmalangan.  Usai event berlangsung, tak lupa EAZY Tim dan Sang Kelana mengajak bersama-sama untuk melakukan bersih-bersih di kaki Gunung Arjuna. “Di penghujung acara kita ada bersih-bersih memungut sampah di lokasi” ujar Deva.

sesi/foto/eazyteam/dan/sangkelana/menanam/biji/kopi/di/gunung/kaki/arjuno

Dari event yang telah terlaksana, kita bisa menyadari bahwa sebenarnya banyak kegiatan sederhana yang memiliki dampak besar untuk lingkungan. Di zaman serba cepat ini, jiwa sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sangat dibutuhkan. EAZY Tim dan Sang Kelana berharap generasi muda memiliki rasa tanggung jawab untuk ikut menjaga bumi. “Kita berharapnya sih yang masih muda juga harus turut andil buat melindungi lingkungan sekitar dengan cara kecil dulu, seperti mengurangi sampah plastik dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan cara seperti itu saja sudah berdampak besar bagi lingkungan sekitar khususnya daerah Malang yang sekarang rawan banjir akibat buang sampah sembarangan” ujar Refi Ken Yubi dari Tim Sang Kelana. Refi juga berharap dengan adanya event Berkelana Menyapa Arjuna dapat mengundang inisiatif masyarakat untuk mengadakan event atau gerakan peduli lingkungan lebih sering lagi.

Tertarik untuk mengikuti event peduli lingkungan? Eits jangan khawatir, EAZY Tim dan sang Kelana belum usai dengan serangkaian acaranya. Nantikan jadwal event selanjutnya di @eazyteam.pr dan @sangkelana.id !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *